Bangunan Berggruen Institute yang Didesain oleh Herzog & de Meuron (Rumah123/Dezeen)

Berggruen Institute akan memiliki pusat riset dan kampus di Los Angeles, Amerika Serikat. Biro arsitek ternama asal Swiss, Herzog & de Meuron akan mendesain bangunan ini.

Herzog & de Meuron merilis rancangan bangunan dengan gaya arsitektur seperti biara dengan dua kubah. Sebelumnya, pemilihan biro arsitek ini memang cukup lama. Berggruen Institute sempat menghubungi sejumlah biro arsitek ternama untuk mendesain kampus dan pusat riset.

Baca juga: Rumah Kecil yang Nyaman dan Efisien, Yuk Dilihat Kayak Apa

Institusi ini merupakan lembaga independen dan nirlaba yang berupaya mempelajari dan mengaplikasikan ide baru terkait hal sosial, ekonomi, dan politik.

Investor berdarah Jerman, Nicolas Berggruen mendirikan lembaga pada 2010 dan memiliki dana lembaga mencapai US 500 juta dollar (Rp6,5 triliun).

Baca juga: Menanti Kedatangan Kapal di Bawah Naungan Awan, Wah Keren Banget

Berggruen sendiri adalah investor berdarah Jerman. Dia memiliki perusahaan investasi Berggruen Holdings dan memiliki kekayaan mencapai US 2 miliar dollar (Rp26 triliun).

Kampus dan pusat riset Berggruen Institute ini berada di Pegunungan Santa Monica, California, AS dengan luas mencapai 182 hektare. Kompleks bangunan ini akan mencakup area untuk tinggal, makan, belajar, dan bertemu. Ya, mirip dengan komunitas biksu di biara.

Baca juga: Kompleks Apartemen Berwarna Jadikan Kota Lebih Indah, Kayak Gimana Sih?

“Sejak jaman dulu, biara menjadi tempat individu untuk belajar dan berefleksi, selain juga bertemu kelompok orang serta berkumpul,” ujar perwakilan Herzog & Meuron kepada laman desain dan arsitektur Dezeen.

Biro arsitek sengaja memiliki kawasan California bagian Selatan karena memiliki iklim yang sesuai untuk mengembangkan bangunan yang memiliki area indoor dan outdoor, bisa mengakomodasi grup kecil hingga besar.

Baca juga: Kamar Anak Berdesain Minimalis? Boleh Aja Dicoba

Nantinya, bangunan ini akan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Bangunan ini bersisian dengan tebing yang curam, persis dengan biara jaman dulu.

Bangunan utama memiliki dua kubah. Ada lapangan, taman, teater, dan juga tempat penampungan air. Selain itu, juga tempat untuk staf pengajar, keluarga, serta mereka yang belajar di kampus ini. Herzog & Meuron juga ingin membuat kawasan dan bangunan ini ramah lingkungan.

Baca juga: Trek Lari di Atas Apartemen? Wah, Mau Banget Dong Tinggal di Sini

Fasilitas lain yang berada di kampus dan pusat riset ini adalah cottage, paviliun, instalasi seni, dan masih banyak lagi.

Wah, lucu juga kalau ada biara modern seperti ini? Tetapi, kamu jangan membayangkan biara yang penuh dengan biksu yang sedang belajar Kung Fu ya. By the way, asyik juga ya kalau bisa mampir ke bangunan ini kalau sudah jadi.

Bagikan: 859 kali

Berita Properti Terpopuler

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 EightyEight@Kasablanka
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia